TEMPO.CO, Jakarta – Sebelum pandemi COVID-19, tie-dyemengalami momen style yang tinggi; bahkan ada di seluruh style show spring/summer season 2020. Maju cepat beberapa bulan, dan tren ini telah berevolusi dari mode modern ke “style rumah”, berkat pakaian tie-dye yang menjadi busana favorit selama karantina.

Tidak perlu berbelanja secara royal pada “loungewear mewah” untuk tren ini, karena Anda bisa mendapatkan tampilan di rumah. Jujur saja, Anda bisa mengikat apa saja: Kaus, celana olahraga, kaus kaki, seprai, kemeja, bahkan sepatu. Jadi ambil pakaian lama, dan ayo segera buat tie-dye versi kamu sendiri, seperti dilansir dari laman Marie Claire berikut ini.

Langkah 1: Kumpulkan Perlengkapan

Disarankan untuk membeli alat pengikat warna — yang ini termasuk semua yang Anda butuhkan dan memiliki 15 warna berbeda. Item yang harus Anda miliki meliputi botol pencet untuk pewarna, sarung tangan, pewarna atau pemutih, dan karet gelang.

Langkah 2: Siapkan Workstation Anda

Tie-dye adalah kegiatan yang berantakan. Disarankan Anda bekerja di luar, atau di suatu tempat seperti garasi atau ruang bawah tanah yang belum selesai. Jika Anda melakukan ini di dalam, pastikan Anda meletakkan handuk atau plastik untuk melindungi ruang Anda. Jika ruang luar bukan pilihan, cobalah bathtub atau shower Anda.

Langkah three: Pilih Desain Anda

Ada begitu banyak pusaran dan pola berbeda dalam hal tie-dye. Tidak ada jawaban yang salah di sini — Anda bisa memilih warna berani dan terang dengan beberapa warna, atau tetap pada satu warna. Keindahan tie-dye adalah bahwa langkah dasarnya tetap sama, apa pun desain yang Anda pilih. Setelah Anda memiliki langkah ke bawah, cara Anda memutar, melipat dan menempatkan karet gelang di baju Anda akan menentukan desain.

Tie dye spiral klasik

Siapkan merchandise:Mulailah dengan T-shirt yang sudah dicuci dan masih lembab — basah, tetapi tidak basah kuyup. Letakkan kaus rata di atas permukaan yang bisa berantakan.

Putar kainnya: Pilih tempat di tengah baju Anda. Jepit kain dan putar dalam gerakan spiral. Lanjutkan memuntir kemeja hingga terlihat seperti gulungan kayu manis.

Ambil karet gelang Anda dan lilitkan di sekitar baju:Buat enam atau lebih bentuk irisan. Ini akan membuat desain spiral kami. Penempatan karet gelang Anda dan bagaimana twist Anda pada baju Anda akan menentukan desain akhir.

Pewarnaan:Gunakan beberapa sarung tangan, ambil botol pewarna, dan beri warna pada setiap irisan.

Rendam kaos:Kaos harus diletakkan untuk menyerap pewarna. Tempatkan baju Anda di kantong Ziploc selama delapan hingga 24 jam (semakin lama pewarna didiamkan semakin intens warnanya.)

Bilas:Setelah Anda merendam baju Anda, saatnya untuk membilasnya dengan air dingin. Bilas sampai air menjadi jernih. Lepaskan karet gelang dan bilas lagi.

Cucilah:Masih ada sisa pewarna di baju Anda. Masukkan ke dalam mesim cuci, tetapi pisahkan dari pakaian Anda yang lain agar warnanya tidak tercampur dengan wanea lain.

Biarkan mengering:Akhirnya biarkan bajunya kering. Anda bisa membuangnya ke dalam pengering atau menggantung sampai kering.