Sayang Jika Dilewatkan, Berikut Sederet Manfaat Pepaya untuk Mendukung Kesehatan Buah Hati

 

 

Buah pepaya menjadi satu dari sekian banyak jenis buah yang cukup populer di Indonesia, khususnya para ibu. Selain mempunyai rasa manis ternyata buah tersebut juga mengandung nutrisi tinggi didalam dagingnya. Buah yang cukup murah dan mudah ditemukan ini cukup direkomendasikan untuk mendukung kebutuhan nutrisi dalam tubuh, tidak kecuali buah hati Anda. Dimana keperluan nutrisi untuk mendukung pertumbuhan cukup banyak, Anda bisa jadikan buah pepaya sebagai salah satu menu andalan ketika menyiapkan makanan si kecil.

Buah Pepaya Bagi Bayi

Kandungan baik didalam buah pepaya tidak perlu diragukan lagi, dari hal itu tentu banyak manfaat yang dimiliki. Pertama mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi, ditambah lagi dengan sifat anti inflamasinya yang baik sebagai pendukung imunitas bayi. Tekstur yang lembut dan rasa manis alaminya cocok untuk dijadikan bahan utama ataupun sampingan makanan bayi. Namun tetap dalam batas aturan yang tepat, umumnya pemberian pepaya direkomendasikan mulai dari umur 7 bulan ke atas.

Kandungan Nutrisi Dalam Pepaya

Berbicara manfaat pepaya akan sangat sayang jika tidak membahas kandungan nutrisi didalamnya terlebih dahulu. Seperti yang diketahui buah sehat tersebut mengandung serat tinggi, inilah alasannya pepaya sebagai pelancar pencernaan. Selain itu dalam satu buah pepaya berukuran sedang Anda akan mendapatkan beberapa nutrisi penting seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, magnesium, tembaga, besi, kalsium, kalium, likopen sampai dengan fosfor. Semuanya diperlukan untuk tubuh, apalagi si kecil yang perlu banyak nutrisi untuk mendukung tumbuh kembangnya.

Manfaat Pepaya Untuk Bayi

Dengan melihat kandungan nutrisi yang telah dituliskan diatas, tentu saja Anda tidak perlu ragu lagi untuk menjadikan buah satu ini menu andalan anak. Ditambah lagi dengan mengkonsumsi pepaya, akan memberikan keuntungan bagi bayi seperti:

1. Melancarkan pencernaan.

Tidak sedikit bayi ketika mulai mencoba makanan akan merasakan sembelit, inilah salah satu caranya supaya tidak terjadi pada buah hati Anda. kandungan enzim papain yang ada dapat membuat structure makanan pecah. Sehingga membuat pencernaan sehat dan kemampuan pencernaan akan lebih baik.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh.

Sistem imunitas anak kecil itu masih sangat rawan, apalagi sekarang banyak virus berbahaya yang mengancam. Untuk itu sebagai ibu harus mempersiapkan dari sekarang, tambahi imun dengan makan makanan sehat serta bergizi. Seperti pepaya yang mengandung vitamin C baik untuk kekebalan tubuh.

3. Mempercepat penyembuhan luka.

Masalah kulit yang sering dialami bayi sangat beragam, mulai dari ruam, gigitan serangga, bisul dan masih banyak lagi. Untuk itu Anda harus meminimalisir dengan baik, pepaya rupanya mengandung nutrisi yang baik untuk mempercepat proses penyembuhan luka ataupun masalah kulit bayi.

4. Meningkatkan metabolism tubuh.

Bisa dikatakan pepaya sebagai sumber folat, ini merupakan senyawa yang diperlukan untuk memproduksi asam amino. Dalam aturan yang tepat, kandungan tersebut dapat meminimalisir kemungkinan adanya penyakit kardiovaskular ketika bayi menginjak dewasa.

Diatas hanyalah sedikit dari sekian banyak manfaat dari pepaya yang bisa Anda dapatkan untuk mendukung tumbuh kembang si kecil. Yang perlu diingat ketika akan memberikan pada bayi adalah pastikan jika pepaya matang sempurna, batasi konsumsi sesuai aturan, jangan dipaksa meskipun banyak manfaatnya. Anda bisa mengolah dalam berbagai resep seperti pure pepaya ataupun snack dari pepaya. Nah, untuk mendapatkan pepaya berkualitas bisa belanja di TaniHub yang menyediakan beragam jenis pepaya baik langsung dari petani. Belanja aman, nyaman, dan murah ya di TaniHub tempatnya.