Pengertian, Jenis, Serta Cara Membuat Laporan Keuangan Supplier Melalui BukuWarung

 

Untuk yang sudah memiliki usaha pasti tidak asing dengan istilah supplier, supplier merupakan  seseorang atau sebuah perusahaan yang tugasnya memasok sumber daya atau bahan mentah kepada orang atau perusahaan lain.

Jenis-Jenis Supplier

Berdasarkan produk yang dihasilkan, pada umumnya supplier terbagi menjadi suplier produk barang dan jasa. Berikut ini adalah penjelasannya:

1. Supplier Produk Jasa

Arti supplier produk jasa adalah supplier yang mampu memasok bahan mentah untuk diolah menjadi produk jasa. Jadi, pihak supplier hanya akan menyuplai bahan mentah agar bisa diolah oleh pihak lain menjadi produk jasa agar bisa disalurkan ke konsumen.

2. Supplier Produk Barang

Arti supplier produk barang adalah jenis supplier yang menyuplai produk bahan mentah untuk diolah dalam bentuk produk jadi. Jadi, pihak supplier hanya akan memasok bahan baku saja agar bisa diolah oleh pihak yang membutuhkan.

3. Supplier Bahan Material Fabrikasi

Arti supplier bahan material fabrikasi adalah supplier yang mampu menyediakan bahan atau material yang dipesan oleh perusahaan, tapi harus lebih dulu diproses di tempat supplier sesuai kesepakatan dengan pihak yang memerlukan.

4. Supplier Bahan Material Non-Fabrikasi

Arti supplier bahan material non-fabrikasi adalah supplier yang memasok bahan produksi ataupun material tanpa harus melalui proses pembuatan khusus di tempat supplier untuk kebutuhan pihak yang memerlukan.

 

Cara Kerja Supplier

Membahas sistem kerjanya, pemasok adalah entitas yang sangat penting keberadaannya dalam rantai produksi karena cara kerja supplier dapat segera kamu ketahui sebagaimana penjelasan berikut ini.

1. Pengadaan Barang

Cara kerja supplier yang satu ini adalah berkenaan dengan segala proses pengadaan barang.

Proses ini bisa dilakukan oleh satu pihak pemasok itu sendiri atau dengan bantuan pihak pemasok yang lain.

2. Memberikan Informasi Bahan Baku

Cara kerja supplier selanjutnya adalah harus bisa menyediakan informasi seputar bahan baku yang akan mereka jual kepada calon pembeli.

3. Melakukan Pemasaran

Pada dasarnya, supplier adalah kegiatan menjual suplai bahan dan perlu pemasaran yang baik.

Proses pemasaran ini dapat mereka lakukan secara online atau offline tergantung kondisi.

4. Bekerjasama dengan Pebisnis

Cara kerja supplier ini adalah harus dapat mempertahankan kerjasama yang baik dengan para pebisnis sebagai hubungan timbal balik layaknya penjual dan pembeli

 

Itulah jenis dan cara kerja supplier, pastikan anda memilih jenis supplier sesuai dengan keinginan anda. Dalam urusan  pencatatan hutang piutang, anda bisa menggunakan aplikasi BukuWarung secara gratis. Kamu bisa temukan aplikasi ini di playstore ataupun website BukuWarung