Mengenal Apa Itu Kalkulator Investasi Serta Fungsinya

Sebelum menginvestasikan uang Anda maka harus melakukan perhitungan kemungkinan resikonya terlebih dahulu, karena investasi ini tak sekedar menghasilkan keuntungan, melainkan di satu sisi juga ada kemungkinan Anda akan mengalami kerugian disana. Apalagi belakangan ini ada cukup banyak kasus investasi bodong yang terjadi, dimana mereka berlomba-lomba menawarkan keuntungan tinggi tanpa kerja keras, namun pada akhirnya uang yang diinvestasikan hilang entah kemana. Sekarang ini ada alat yang bernama kalkulator investasi, bisa Anda gunakan untuk perhitungan tersebut.

Lalu sebenarnya apa itu kalkulator untuk investasi? Sebagian diantara Anda mungkin masih asing dengan istilah tersebut bukan. Pada dasarnya ini adalah sebuah kalkulator atau alat hitung otomatis yang secara khusus diperuntukkan untuk para calo investor, karena didalamnya tersedia beragam fungsi yang dapat digunakan untuk memberikan simulasi atau proyeksi terhadap produk investasi yang Anda pilih tersebut.

Hanya saja di dalam menggunakan perhitungan memakai kalkulator investasi tersebut juga patut untuk diketahui, bahwa memang hasilnya bukanlah suatu nilai yang bersifat akurat atau relevan dalam setiap waktu. Maksudnya adalah meskipun dari segi matematisnya memang sudah akurat, namun tidak dengan kondisi keuangan pada setiap investor tersebut. jadi memang kalkulator tersebut tidak bisa untuk merepresentasikan dari hasil investasi secara aktual.

Umumnya Anda dapat menemukan kalkulator tersebut dari lembaga yang menyediakan atau menawarkan produk investasi ini, misalnya adalah perbankan, umumnya banyak orang yang memilih instrumen investasi dari perbankan karena memang mudah, sebut saja diantaranya adalah dari deposito bank yang sudah jelas besaran keuntungan dari bunga yang diberikan. Lalu sebenarnya apa fungsi dari kalkulator tersebut? Berikut diantaranya:

  1. Melihat gambaran keuntungan dari instrumen investasi yang Anda pilih tersebut, fungsi yang pertama tak lain karena dapat digunakan untuk merepresentasikan berapa besar kemungkinan keuntungan yang didapatkan, meskipun memang tidak 100 persen akurat. Namun secara garis besar dengan keberadaan dari kalkulator tersebut maka Anda dapat melihatnya.
  2. Melihat resiko kerugian, selain itu disini Anda juga dapat melihat kemungkinan lain yaitu resiko kerugian. Patut untuk diketahui bahwa pada dasarnya untuk setiap instrumen investasi, tak hanya keuntungan yang nantinya bisa Anda rasakan, melainkan juga potensi kerugian juga ada. Disini dengan melihat resiko kerugian maka Anda bisa jadi lebih berhati-hati, apakah nantinya akan tetap berinvestasi kesana atau memilih instrumen yang lainnya.
  3. Dapat digunakan sebagai perbandingan, misalnya Anda dihadapkan pada beberapa pilihan dimana nantinya akan menginvestasikan uang tersebut. Sebelum itu maka dapat mencoba menghitung-hitung simulasinya terlebih dahulu lewat kalkulator ini, maka akan melihat potensi keuntungan serta resiko yang ada di masing-masing perusahaan tersebut. jadi tidak salah dalam mengambil arah, dimana Anda bisa memilih perusahaan terbaik untuk investasi.

Bagi Anda sendiri yang tertarik untuk berinvestasi deposito, namun masing bingung kira-kira lembaga mana yang akan dijadikan sebagai pilihan. Produk dari bank BCA bisa jadi pilihan terbaik, apalagi mereka juga menawarkan nominal bunga yang tidak bisa dikatakan kecil. Cerdas dalam memilih sangat penting jika seandainya tidak ingin kecewa. Kalkulator investasi dari bank BCA ini tersedia di website resminya, dapat Anda ikuti panduannya untuk menggunakan. Tak hanya kalkulator untuk investasi saja, melainkan juga tersedia produk kalkulator kredit bagi nasabah yang ingin mengajukan pinjaman, dapat dihitung atau dilihat terlebih dahulu simulasinya.

Sumber : https://www.bca.co.id/id/Individu/produk/Investasi-dan-Asuransi/Simulasi-Investasi