Manfaat Menonton Sinetron Ikatan Cinta Meski Sering Membuat Sedih

Sinetron Ikatan Cinta menjadi salah satu sinetron RCTI yang sangat populer karena memang peminat sinetron ini sangat banyak. Ikatan Cinta dibintangi oleh Arya Saloka, Amanda Manoppo dan beberapa pemeran lainnya. Ikatan Cinta bahkan sukses menjadi viral dan menjadi salah satu buah bibir populer oleh banyak kalangan masyarakat. Banyak penonton yang ikut kena perasaannya sehingga merasa sedih bahkan ikut menangis dengan beberapa adegann Ikatan Cinta. Meski seperti itu, para penonton tidak dapat berhenti mengikuti lur kisah Aldebaran dan Andin dalam sinetron Ikatan Cinta tersebut.

Beberapa Manfaat Tontonan Ikatan Cinta

Jika Anda sampai menangis ketika menonton Ikatan Cinta, ada kabar baiknya untuk Anda karena ada beberapa manfaat yang dapat kita raih dari menonton Ikatan Cinta tersebut.

1. Membuat bahagia

Meski manfaat satu ini terdengar bertolak belakang, tetapi studi banyak yang menunjukkan kalau menonton film yang sedih justru dapat membuat penonton bahagia. Pasalnya, jenis film sedih ini bisa membantu para penontonnya untuk mengapresiasi orang-orang terdekat di dalam hidup. Salah satu studinya seputar film yang sedih seputar kekasih yang saling terpisah dan bahkan meninggal akibat dari kekerasan pada saat perang.

Tiap partisipan studi tersebut diminta untuk menjawab pertanyaan agar bisa mengukur tingkat bahagia dan kepuasan masing-masing baik itu sebelum dan juga sesudah menonton. Lalu hasilnya, partisipan akan lebih fokus pada orang yang dicintai saat menonton film. Selain itu, mereka merasa bahagia juga setelahnya.

Saat para partisipan tersebut merasa sedih pada saat menontonnya, tetap menjadi bahagia setelahnya dikarenakan rasa syukur. Biasanya orang-orang menggunakan kesedihan ini sebagai cara merefleksikan hubungan yang penting di dalam kehidupannya. Sama halnya dengan menonton Ikatan Cinta yang banyak terdapat scene sedih, tetapi pada akhirnya penonton merasa bersyukur karena diiringi dengan adegan memuaskan.

2. Ikatan Cinta bisa membantu menghadapi masalah kesedihan sebenarnya pada hidup

Film atau sinetron sedih seperti Ikatan Cinta memungkinkan kita menghadapi perasaan sangat nyata atau sangat sedih pada lingkungan sekitar. Sehingga kita bisa lebih aman dan juga lebih terlindungi. Jika kita menonton film yang sedih, maka kita bisa mempunyai perspektif sebagai orang luar, lalu kemudian bisa digunakan menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi. Sinetron sedih juga dapat memicu katarsis atau pelepasan emosi dari dalam diri.

Pelepasan emosi ini bisa datang dengan kita menangis ketika sedang menonton Ikatan Cinta yang sering memiliki scene sedih. Hal ini bahkan pada akhirnya bisa menaikkan semangat sementara waktu, saat semangat meningkat, sementara emosi kita yang tadinya berlimpah bisa menurun. Sehingga pada akhirnya bisa memunculkan energi yang sudah habis akibat dari depresi. Momen seperti ini lantas dapat membantu mereka yang sedang merasa depresi untuk mengeksplorasi dan lalu menyembuhkan masalah aslinya dalam hidup.

3. Membuat penonton lebih kebal dari rasa yang menyakitkan

Dengan menonton film yang sedih seperti sinetron Ikatan Cinta bisa meningkatkan hormon endorfin di dalam darah. Endorfin merupakan hormon yang dibuat oleh otak serta sistem saraf, dan bisa bertindak melaksanakan fungsi analgesik serta meningkatkan juga toleransi tubuh kita terhadap sakit. Tekanan emosional setelah sudah menonton Ikatan Cinta atau tontonan lain yang memiliki tragedi atau tragedi bisa memicu hormon endorfin tersebut yang nantinya akan terlepas. Dari produksi endorfin, maka lantas bisa membuat kita akan lebih kebal rasa sakit. Demikian dan semoga bisa bermanfaat.