Fungsi dan Manfaat Menggunakan Aplikasi Kepegawaian Online untuk Perusahaan

Masih banyak orang yang belum mengetahui apa itu software manajemen absensi dan fungsi nya. Software ini dirancang khusus untuk mengelola data aplikasi kepegawaian perusahaan. Dengan software ini, data absensi atau aplikasi kepegawaian yang biasa nya diisi secara manual kini dapat diselesaikan dengan lebih sederhana dan praktis menggunakan software ini.

Software tidak hanya dapat merumuskan peraturan check – in dan check – out kapan saja dan di mana saja tanpa menggunakan mesin absensi. Selain itu juga dapat meringkas data pegawai. Lalu apa pengertian dan fungsi dari software ini? Untuk lebih jelas nya silahkan simak uraian di bawah ini.

Memahami Aplikasi Kepegawaian

Aplikasi kepegawaian adalah sistem yang digunakan untuk mengelola data kehadiran karyawan perusahaan. Manajemen dapat menggunakan sistem untuk membuat keputusan penting dalam sistem perusahaan.

Aplikasi kepegawaian memainkan peran penting dalam data tentang produktivitas karyawan dan profitabilitas organisasi di tempat kerja. Adanya sistem ini membantu untuk melacak kehadiran karyawan, dan hasil akhirnya adalah pertumbuhan dan perkembangan perusahaan di  bidang nya.

Pesat nya pertumbuhan dan perkembangan teknologi memungkinkan ada nya sistem manajemen absensi melalui software. Tujuan dari pembuatan software ini adalah untuk mengelola data absensi dan aplikasi kepegawaian perusahaan dengan lebih mudah. Sehingga dapat dilakukan dengan cepat dan efisien.

Fungsi aplikasi kepegawaian internal perusahaan

1. Membangun budaya disiplin

Fungsi pertama dari aplikasi kepegawaian adalah untuk membangun budaya disiplin karyawan. disiplin sangat penting dalam sebuah perusahaan. disiplin akan sangat mempengaruhi kinerja dan produktivitas karyawan.

Sistem aplikasi kepegawaian akan mengelola beberapa data karyawan untuk membentuk budaya disiplin atau tepat waktu. Data tersebut meliputi waktu kedatangan dan kepulangan, data lembur, jadwal shift dan liburan, jumlah hadirin, dan data izin karyawan yang tidak bekerja. Semua data ini akan terhubung, terintegrasi dan disajikan secara online sehingga manajemen dapat dengan mudah menggunakan data ini untuk memantau produktivitas karyawan dan mengambil keputusan.

2. Layanan mandiri

Aplikasi kepegawaian memiliki fungsi swalayan, memungkinkan karyawan untuk mengelola secara mandiri melalui software. Karyawan tidak perlu menghubungi Departemen Sumber Daya Manusia ketika mereka mencetak gaji, mengajukan cuti, memeriksa sisa liburan, atau bahkan mengajukan izin ketika mereka tidak dapat pergi bekerja.

Setelah karyawan mengajukan permohonan cuti melalui software manajemen absensi, departemen sumber daya manusia akan menindaklanjuti aplikasi tersebut tanpa harus bertemu langsung dengan karyawan tersebut.

3. Manajemen gaji

Sistem aplikasi kepegawaian juga berlaku untuk sistem penggajian karyawan. Perusahaan dapat menghitung upah berdasarkan hari kerja / hari kerja karyawan, beban kerja, dan jabatan yang dijabat.

Menggunakan sistem aplikasi kepegawaian, Anda dapat dengan mudah menghitung gaji bulanan. Perhitungan tersebut juga menghitung pajak yang harus dipotong dan jumlah hari libur karyawan.

Manfaat Aplikasi Kepegawaian

1. Sederhana dan cepat

Sebuah teknologi pada dasar nya dirancang untuk memudahkan pengguna, termasuk software manajemen waktu dan kehadiran. Pengumpulan data pegawai secara manual membutuhkan waktu yang lama dan berpeluang membuat pekerjaan menjadi  tidak efisien. Melalui manajemen absensi, proses pendataan akan berjalan lebih cepat.

Keuntungan menggunakan software manajemen absensi adalah dapat dengan mudah dan cepat menyelesaikan proses pendataan kehadiran karyawan. software ini memungkinkan pelacakan real – time kehadiran karyawan perusahaan. software ini bekerja dengan cepat melacak sidik jari atau media aplikasi kepegawaian lain nya. Selain itu, desain software nya sangat sederhana, sehingga mudah digunakan atau ramah pengguna dan mendapatkan manfaat maksimal.

2. Sistem terintegrasi

Salah satu data absensi yang diperoleh digunakan untuk menghitung gaji karyawan pada setiap akhir periode penggajian atau masa kerja setiap bulan. Jika penggunaan data absensi untuk menghitung upah dilakukan secara manual, maka akan sangat memakan waktu, dan kemungkinan besar akan terjadi  kesalahan atau human error. Untuk mengatasi masalah tersebut, pihak manajemen dapat menggunakan software manajemen waktu dan kehadiran.

Software manajemen absensi telah merancang sistem kerja terintegrasi online yang dapat dengan mudah menghubungkan data kehadiran karyawan dengan perhitungan jumlah gaji bulanan. software ini juga dapat menyederhanakan proses melalui sistem online untuk membantu karyawan memproses aplikasi lembur dan proses persetujuan. Nantinya, sistem tersebut akan terintegrasi dengan proses pembayaran gaji karyawan secara langsung.

Selain membantu karyawan dalam memproses aplikasi dan persetujuan lembur, sistem aplikasi kepegawaian juga dapat menyederhanakan pengajuan, perhitungan, dan persetujuan izin cuti karyawan secara online.

3. Akses kapan saja, di mana saja

Manfaat lain menggunakan sistem aplikasi kepegawaian untuk manajemen dan karyawan adalah Anda dapat dengan mudah mengakses data dalam software. Pengguna, baik manajer atau karyawan, dapat mengakses data software kapan saja dan dimana saja melalui fungsi yang tersedia.

Karyawan dapat dengan mudah mengunggah data kehadiran langsung dari smartphone mereka melalui sistem pelacakan lokasi GPS. Manajemen juga dapat mengambil data saat dibutuhkan, tanpa harus pergi ke kantor atau menelepon departemen terkait.

Aplikasi Mekari Talenta, Rekomendasi Aplikasi Kepegawaian Terbaik

Mekari Talenta adalah salah satu merk aplikasi kepegawaian terbaik saat ini. Aplikasi HRD biasanya bertujuan mengurangi beban kerja administrasi di bidang penggajian, perpajakan karyawan, absensi, dan performance appraisal.

Selain itu, Mekari Talenta juga menyediakan fitur mobile friendly yang disebut mobile employee self service yang dapat memudahkan karyawan untuk mengakses Mekari Talenta melalui smartphone atau gadget masing-masing. Fitur-fitur yang disediakan Mekari Talenta juga dilengkapi dengan detail-detail sehingga memudahkan karyawan dalam melakukan pekerjaan. Misalnya, pada fitur payroll, komponen seperti bonus, tunjangan, pajak, insentif, dan lain-lain ditambahkan. Dengan demikian perhitungan akan menjadi lebih efisien dan efektif.

Kelebihan Mekari Talenta:

1. Fitur yang disajikan sangat berlimpah

Keunggulan dari Mekari Talenta ini salah satunya adalah fitur yang dibawakan sangat banyak dan berlimpah. Mulai dari pinjaman tunai, halaman recruitment, halaman cuti custom, hingga pengumuman karyawan pun disediakan oleh Mekari Talenta ini, berikut ini detail fiturnya

  • Fitur payroll, fitur ini membantu perusahaan menghitung dan bisa membayar payroll karyawan secara otomatis setiap bulannya. Proses payroll lebih efektif dan efisien karena tidak harus dilakukan di kantor.
  • Fitur manajemen waktu, maka tim HR perusahaan bisa dengan mudah melakukan otomatisasi proses cuti karyawan dan lemburan yang dilakukan.
  • Fitur absensi mobile, maka seluruh karyawan bisa melakukan absensi dengan mudah kapan dan dimana saja. Dan fitur ini juga memudahkan tim HR dalam melakukan pengawasan pada absensi karyawan sewaktu-waktu.
  • Fitur database karyawan, dapat membantu HR dalam melakukan pengelolaan data dan informasi terkait karyawan. Mulai dari data personal, informasi tunjangan, hingga fasilitas yang berhak diterima karyawan sesuai kontrak kerjanya.

2. Kostumisasi yang sangat terperinci

Semua hal yang diatur di dalam Mekari Talenta diatur secara sangat terperinci, Di sini bahkan bisa membuat rumus cuti sendiri dan rumus denda sendiri.

3. Tim Support yang efektif dan responsive

Tidak usah bergelut dengan BOT ketika memberikan keluhan atau komplain, CS dari Mekari Talenta akan dengan sigap membantu dalam hitungan menit saja.

Dalam aplikasi Mekari Talenta ini juga sering diadakan promo dan diskon yang berakibat pada harga yang bisa lebih murah dari harga normal. Tentu saja hal ini bisa dikatakan angin segar untuk perusahaan yang ingin menggunakan Mekari Talenta sebagai sistem payroll mereka namun dengan anggaran yang terbatas.

Apalagi untuk kondisi sekarang ini di mana karyawan lebih sering Work From Home, menggunakan Mekari Talenta tentu akan sangat membantu dalam hal pengkondisian karyawan dengan sistem otomatisnya yang akan sangat membantu perusahaan.

Dengan adanya fitur-fitur ini maka tentu saja pengelolaan sumber daya di dalam perusahaan jauh lebih baik dan lebih optimal. Mekari Talenta dapat diakses dengan mudah di https://Mekari.com. Tunggu apa lagi? Coba Mekari Talenta sekarang juga.