5 Manfaat Inventory Barang untuk Bisnis, Semua Pengusaha Wajib Tahu!

Baik perusahaan besar atau kecil, sistem inventory barang tetap harus dilakukan. Apalagi, sekarang sudah ada teknologi aplikasi inventory yang bisa membantu supaya lebih mudah. Bagi bisnis atau perusahaan, sistem inventory bisa dikatakan cukup penting.

Sistem inventory bahkan erat kaitannya dengan ketersediaan stok barang sehingga bisa jadi jalan untuk memaksimalkan keuntungan. Bukan hanya itu saja, sistem inventory barang sebenarnya juga punya banyak manfaat untuk bisnis. Penjelasan selengkapnya akan dibahas di bawah ini

Aktivitas Pengelolaan Sistem Inventory

Sistem inventory bisa diartikan sebagai aktivitas pengaturan ketersediaan barang yang dilakukan oleh bisnis atau perusahaan. Bisnis skala besar misalnya, barang yang tersimpan di gudang, tidak hanya bertujuan untuk dijual saja seperti pada bisnis kecil. Beberapa juga ada yang disimpan untuk kemudian menjadi bahan produksi.

Pengaturan stok barang ini harus dilakukan dengan tepat. Tidak boleh ada kesalahan karena bisa berdampak besar. Oleh sebab itu, bisnis kecil maupun besar disarankan untuk mulai memanfaatkan aplikasi inventory. Penggunaan aplikasi tersebut diketahui punya banyak kelebihan. Mulai dari bisa menciptakan laporan stok barang berkualitas, mengurangi resiko kesalahan, dan lainnya.

Manfaat Pengelolaan Sistem Inventory Barang Bagi Keberlangsungan Bisnis

Inventory barang pada sebuah bisnis tidak hanya penting. Namun, aktivitas ini juga diketahui punya banyak manfaat. Berikut daftar manfaat adanya sistem inventory untuk keberlangsungan bisnis:

1. Stok Barang Produksi akan Terus Terjaga

Bagi bisnis besar, aktivitas produksi akan memakan banyak sekali biaya operasional. Akan sangat merugikan sekali jika ada stok barang produksi yang justru gagal jual karena terlalu menumpuk di gudang. Adanya sistem inventory akan mengontrol stok barang supaya tetap terjaga.

2. Memastikan Stok Barang di Pasaran Tetap Aman

Dalam aktivitasnya, bisnis tidak boleh hanya berfokus pada stok di gudang saja. Ketersediaan stok barang produksi di pasaran juga perlu dikontrol. Bisa jadi, tiba-tiba barang produksi ternyata sudah habis di pasaran tanpa diketahui. Hal ini berpotensi membuat konsumen kecewa dan bahkan tidak percaya lagi dengan perusahaan.

Sistem inventory akan memberikan data berapa stok barang baik di gudang maupun di pasaran. Ketika diketahui barang produksi di pasaran sudah mulai menurun, bisa langsung ditambah. Dengan begitu, konsumen tetap bisa menikmati barang yang diinginkan.

3. Punya Data Real Time Tentang Persediaan Barang

Sistem inventory juga membantu bisnis untuk selalu punya data real time tentang ketersediaan barang. Bayangkan jika tidak punya data tersebut, mengira barang produksi sudah habis misalnya. Bisa jadi perusahaan akan terus memproduksi barang baru. Akibatnya, terjadi penumpukan barang produksi di gudang.

Perusahaan harus menanggung biaya penyimpanan barang produksi tersebut. Hal ini jelas akan merugikan perusahaan.

4. Menjalin Hubungan Baik dengan Distributor

Ketika memasarkan barang produksi, perusahaan tentu butuh pihak ketiga yaitu para distributor. Peran distributor ini cukup penting. Maka, menjalin hubungan baik dengan pihak tersebut sangat diperlukan. Dengan punya data real time tentang ketersediaan barang, distributor akan merasa puas.

Sebab, tidak pernah dikecewakan karena ketidakjelasan stok barang produksi di gudang. Bisnis juga dianggap makin professional. Sehingga, para distributor tersebut juga berpotensi tetap mengajak kerjasama.

5. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Bagi bisnis, pelanggan bisa dikatakan merupakan raja. Artinya, pelayanan terbaik harus mampu diberikan untuk pihak tersebut. Salah satu cara untuk memuaskan pelanggan adalah menjaga stok barang yang diinginkan pelanggan tetap terjaga.

Jangan sampai barang yang biasa dicari pelanggan di pasaran tiba-tiba tidak ada. Hal ini bisa menjadi penyebab pelanggan kecewa. Sementara kehilangan pelanggan bisa jadi membuat bisnis merugi.

Itu dia tadi 5 manfaat jika bisnis menerapkan sistem inventory yang tepat. Bagi bisnis besar, aktivitas pengelolaan sistem inventory bisa jadi tidak mudah. Namun, berkat adanya teknologi sekarang bisa menggunakan aplikasi inventory. Perusahaan bisa mulai mempertimbangkan untuk menggunakannya supaya lebih aman dan praktis.