Perusahaan atau kantor pastilah memiliki barang atau berkas berharga yang perlu disimpan rapi sebagai sebuah arsip. Meski nampaknya tidak diperlukan, pengarsipan tetap penting dilakukan. Tujuannya, jika sewaktu-waktu ada audit, crosscheck, atau masalah, berkas yang tersimpan akan menjadi review atas penyelesaian masalah yang diperlukan.

Mengingat begitu pentingnya pengarsipan berkas, maka memilih media penyimpanan terbaik menjadi prioritas. Kita tentu tidak ingin, berkas penting tahun-tahun sebelumnya yang sudah tersimpan rapi, eh begitu dibuka sudah jamuran atau dimakan rayap. Tentu kondisi demikian sangat tidak diharapkan.

Agar arsip tersimpan rapi dan aman, maka penting bagi kita untuk memilih lemari penyimpanan yang memiliki asas utilitas serta tingkat keamanan yang tinggi. Banyak yang merekomendasikan, berkas penting sebaiknya disimpan di lemari besi, bukan lemari kayu. Nah, sebelum Anda melakukan survei lemari ke toko furniture, kami akan membahas perihal keunggulan lemari besi. Apa saja keunggulan lemari besi sebagai media penyimpanan arsip? Berikut ulasannya.

Anti Jamur dan Rayap

Masalah yang paling menyebalkan berkaitan dengan arsip adalah jamur dan rayap. Sangat tidak lucu kan apabila kita memeriksa berkas lama, yang dibutuhkan kemudian hari, eh ternyata rusak disantap rayap dan jamur. Akhirnya berkas menjadi tidak terbaca dan akhirnya timbul masalah baru.

Masalah-masalah tersebut seringkali dijumpai pada lemari kayu. Maka pemecahan masalah, kita bisa beralih ke lemari besi. Hal mana keunggulan utamanya, lemari besi bisa dipastikan anti rayap dan tidak berpotensi berjamur. Kalau pasukan rayap masih nekad bersarang, gigi akan menjadi taruhannya.

Kuat Menopang Beban Berat

Keunggulan berikutnya dari lemari besi ialah mampu menopang beban berat. Diakui atau tidak, material besi memang lebih unggul daripada kayu ataupun plastik. Akan tetapi, dalam pemilihan lemari besi perlu dipertimbangkan berdasarkan berkas apa yang akan disimpan. Semakin berat berkasnya, sebaiknya memilih material yang lebih tebal.

Tahan Lama

Soal material, besi di atas bahan-bahan lemari lainnya, sebut saja kayu atau plastik. Lemari kayu berpotensi berjamur dan mudah pecah, tapi lemari besi tidak. Lemari plastik mudah peot, tapi lemari besi tidak. Jika ada kelemahan dari lemari besi, menurut kami hanya ada satu, yaitu berkarat.

Akan tetapi, saat ini model dan inovasi lemari besi semakin baik. Ada banyak model lemari besi yang memiliki proteksi atau pelindung terbaik dari karatan. Material terbaik, cat terbaik, desain terbaik, dengan demikian kita tidak perlu khawatir lemari akan berkarat sehingga merusak berkas. Karena menyoal ketahanan, lemari besi jagonya.

Tahan Api

Salah satu keunggulan lemari besi yang tidak dimiliki oleh lemari kayu atau plastik, ialah ketahanan terhadap api. Lemari besi tidak mudah rusak dilalap api. Sehingga berkas yang tersimpan di dalamnya tetap aman, seandainya terdapat percikap api yang membakar. Meski kondisi tersebut tidak diharapkan, tetapi antisipasi dini tetap perlu diprioritaskan dengan memilih lemari besi yang tahan terhadap api.

Tampilan Elegan

Banyak orang beranggapan, lemari besi memiliki tampilan yang elegan dan berkelas. Apalagi jika diperuntukkan untuk perkantoran. Kami hampir tidak pernah menjumpai di kantor terdapat lemari plastik untuk menyimpan berkas. Karena selain faktor keamanan, nilai keindahan lemari besi pun lebih unggul dibanding material lainnya.

Selain penampilan, lemari besi model terbaru memiliki banyak fitur keamanan, seperti kunci pengaman, anchoring, dan relocking yang semakin menambah asas utilitas media penyimpanan berkas.

Nah, itulah ulasan yang bisa kami sajikan berkaitan dengan keunggulan lemari besi sebagai media penyimpanan terbaik untuk arsip-arsip penting. Dengan memilih material lemari terbaik, harapannya arsip akan tersimpan rapi dan aman.