10 Olahan Daging Lokal Dalam Kemasan yang Awet dan Lezat

Industri daging di Indonesia semakin berkembang dengan adanya berbagai macam olahan yang sangat diminati masyarakat. Seperti sosis, bakso, kornet, abon, dan lain sebagainya. Bahkan, tidak sedikit industri lokal yang sudah siap memenuhi kebutuhan daging kaleng instan.

Dengan adanya industri ini, juga mendorong konsumsi masyarakat terhadap daging. Sehingga pemenuhan kebutuhan protein lokal bisa semakin baik. Nah, apa saja industri lokal yang sekarang bisa ditemukan dengan mudah di Indonesia?

1. Sosis

Sosis dibuat dari ayam ataupun sapi yang digiling, kemudian dicetak dan dikemas dalam plastik. Lapisan sosis tersebut ada yang bisa dimakan ada yang tidak.

Di Indonesia sendiri, karakter sosis lebih kecil dibandingkan dengan sosis luar negeri. Ada yang dijual matang bisa langsung dimakan, ada pula yang harus dimasak terlebih dahulu.

2. Kornet

Olahan ini dibuat dengan menggunakan daging sapi yang digiling, kemudian diawetkan dengan air garam, dan direbus. Kornet tidak terdiri dari 100% daging, ada tambahan terigu, dan beberapa bumbu lainnya.

Biasanya warna dari kornet merah muda, dan memiliki tekstur yang lunak. Anda bisa menemui kornet dalam bentuk kemasan kaleng, maupun saset.

3. Daging Asap

Daging asap biasanya berbentuk bulat dan pipih. Daging ini diawetkan dengan cara diasap dan memiliki karakter rasa yang khas.

Di Indonesia, proses pengolahan ini sebenarnya sudah dilakukan sejak lama. Banyak konsumen menggunakannya untuk digoreng, dipanggang, atau isian berbagai masakan.

4. Ham

Ham di Indonesia memiliki bentuk yang hampir sama seperti daging asap, namun bentuknya persegi panjang. Proses pengolahannya adalah dengan dilakukan pengasapan, kemudian diasinkan. Proses tersebut dilakukan agar daging lebih awet dan memiliki cita rasa yang khas.

5. Nugget

Nugget menjadi salah satu daging olahan yang sudah berbeda dari karakter daging yang merah. Karena proses pengolahannya ditambahkan tepung, pengemulsi, dan berbagai bumbu.

6. Bakso

Olahan daging yang satu ini sangat khas dan dikenal dengan karakternya yang kenyal karena ada tambahan tapiokanya. Berbeda dengan bakso luar negeri yang hanya dibuat bulat tanpa adanya bumbu-bumbu.

7. Abon

Olahan ini juga hanya bisa didapatkan di Indonesia. Pengolahan daging yang dilakukan dengan cara ditambahi berbagai macam bumbu dan dikeringkan hingga berwarna coklat dan dibuat sangat halus seperti serat wol. Pengolahan ini akan mengawetkan abon hingga berbulan-bulan.

Rasanya yang gurih, bisa langsung dibuat lauk makan, dibuat isi lemper, taburan bubur, dan lain sebagainya.

8. Dendeng

Cara orang Indonesia dalam mengawetkan makanan memang sangat unik. Seperti dendeng yang dibuat dari daging yang dikeringkan dengan ditambahkan bumbu-bumbu ini. bentuknya yang pipih, dan juga memiliki tekstur keras ini ternyata banyak diminati.

9. Bacon

Anda juga perlu tahu olahan ini. Bacon tidak banyak ditemukan di Indonesia, namun olahan ini sangat populer di Eropa. Bentuk dari daging ini sangat tipis dan memiliki warna merah dan putih yang merupakan paduan lemak dan daging.

10. Salami

Olahan ini seperti sosis namun diolah dengan cara diasap. Biasanya salami digunakan untuk pizza dan sandwich.

Untuk memenuhi kebutuhan protein Anda di masa pandemi ini, langsung saja pesan berbagai olahan tersebut di TaniHub. Disini Anda akan menemukan berbagai olahan daging dari industri lokal, dengan kualitas daging lokal dari para peternak Indonesia.

Selain mendapatkan daging yang lezat dan berkualitas, Anda juga membantu peternak lokal semakin maju. Jadi, dapatkan daging terlezat di TaniHub sekarang juga secara online, yang pastinya akan lebih mudah, dan cepat.